Inilah Tafsir Ayat Kursi yang Begitu Agung

Al – Qur’an merupakan salah satu kitab seorang umat Islam yang sangat istimewa dan dimuliakan. Surat dan ayat yang ada di dalamnya tentu juga sangat diagungkan. Akan tetapi sebagian surat dan ayat dari Al – Qur’an dijadikan oleh Allah memiliki kelebihan dibandingkan dengan yang lainnya. Allah menjadikan Surat Al – Fatihah menjadi suatu surat yang paling agung dibandingkan surat lainnya. Selain itu Allah juga menjadikan Ayat tersebut sebagai ayat yang paling agung dibandingkan ayat lainnya. Ayat kursi merupakan bagian dari Surat Al – Baqarah yang terletak pada ayat 255. Kandungan yang ada di dalam ayat tersebut tentu sangatlah luar biasa mengingat keagungan yang diberikannya. Tafsir Ayat Kursi yang memiliki makna luar biasa menjadikan ayat tersebut sebagai sebuah ibadah sunnah bagi umat Islam untuk membacanya. Seorang muslim disunnahkan untuk membaca ayat tersebut setelah shalat wajib, saat sedang dzikir, dan ketika hendak tidur.

pixabay.com

Bagaimana Tafsir Ayat Kursi?

Ayat Kursi yang dimulai dengan bacaan Allah merupakan salah satu bentuk penyampaian bahwa nama Allah merupakan satu – satunya nama yang agung. Tidak ada lainnya yang benar untuk di sembah kecuali hanya Allah. Dengan begitu intinya seorang umat Islam tidak boleh beribadah kepada siapapun kecuali Allah. Ada 99 asmaul husna yaitu nama lain Allah yang diantaranya ada Al – Qayyum yang memiliki arti bahwa semua umat manusia akan membutuhkan Allah dan tidak akan ada umat manusia yang bisa hidup tanpa bantuan Allah. Dengan ayat tersebut tentu menjadi sebuah penegasan mengenai salah satu asmaul husna tersebut. Selain itu Allah bisa hidup sendiri dan selamanya seperti yang dikatakan dalam asmaul husna yaitu Al – Hayyu. Dengan begitu tidak ada makhluk yang mampu menyamai Allah sampai kapanpun. Semua hal tersebut menunjukkan betapa agungnya Allah dan telah dijelaskan di dalam Ayat Kursi.

Selanjutnya dalam ayat tersebut menyampaikan bahwa Allah tidak mengantuk dan tidak pernah tidur. Hal tersebut tentu menunjukkan betapa Allah akan senantiasa menjaga dan mengamati semua perbuatan umat – Nya. Dalam ayat tersebut sengaja diawali dengan perkataan mengantuk karena sebelum tertidur biasanya akan mengantuk dahulu. Sehingga jangankan tertidur, mengantukpun Allah tidak pernah. Maka dari itu tidak ada satupun perilaku hamba – Nya yang tersembunyi maupun Allah lalaikan. Kemudian ayat tersebut menjelaskan bahwa langit dan bumi adalah milik Allah. Selain itu yang berkuasa di seluruh langit dan bumi hanyalah Allah dan tidak akan ada sesuatu yang terjadi kecuali atas perintahnya.

pixabay.com

Ayat yang agung tersebut juga mengandung sebuah penyampaian bahwa di dunia ini tidak ada yang mendapatkan suatu manfaat maupun bahaya selain atas izin Allah. Sehingga seseorang tidak akan menerima pertolongan dari manusia lain tanpa kehendak – Nya. Selain itu ujian hidup yang dialami oleh manusia juga tidak akan terjadi kecuali dengan izin – Nya. Ayat tersebut juga berisi mengenai semua hal yang terjadi di dunia yang telah diketahui oleh Allah SWT. Sehingga hal – hal yang telah terjadi di masa lampau telah diketahui. Bahkan hal – hal yang akan terjadi di masa mendatang telah tertulis dan di rencanakan sehingga Allah maha mengetahui.

Kemudian ayat tersebut juga menerangkan bahwa manusia tidak akan mengetahui ilmu yang dimiliki Allah kecuali atas pemberitahuan – Nya. Seperti yang kita tahu bahwa seorang umat Islam tidak mungkin membuat nama – nama Allah sendiri melainkan mengetahui dari membaca Al – Qur’an. Selain itu sebagai orang Islam juga tidak akan mengetahui hal – hal yang baik menurut syariat Islam kecuali setelah membaca Al – Qur’an yang telah menerangkan serta mengajarkan berbagai hal mengenai kehidupan hingga kematian. Selanjutnya tafsir Ayat Kursi juga menunjukkan betapa besarnya Allah karena dalam ayat tersebut menyebut bahwa kursi Allah adalah langit dan bumi. Bisa kita bayangkan betapa besarnya langit dan bumi yang dijadikan sebagai kursi dan betapa besarnya Allah. Hal tersebut tentu telah menggambarkan betapa agungnya Allah dan tidak ada yang mampu untuk menyerupai – Nya.

Ayat tersebut menyampaikan bahwa Allah maha kuat dan tidak seperti manusia yang memiliki rasa lelah. Walaupun mengurus seluruh bumi dan langit namun Allah tidak akan pernah lelah. Bahkan untuk memelihara seluruh ciptaan – Nya baik bumi beserta isinya dan langit Allah tidak akan merasa terbebani dan sangat ringan. Selain itu Allah juga memiliki kedudukan yang paling tinggi di dunia ini.

pixabay.com

Apa yang Membuat Ayat Kursi di Agungkan?

Tafsir Ayat Kursi yang memiliki makna begitu luar biasa mengenai Allah sehingga membuat ayat tersebut dipilih sebagai ayat yang agung. Kandungan ayat tersebut yang menyampaikan kepada umat Islam mengenai gambaran tentang Allah. Tentu ayat tersebut mampu membuat umat Islam semakin mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu setiap perbuatan yang akan dilakukan pasti akan dipikirkan secara sungguh – sungguh. Melihat kemuliaan Allah tentu akan menjadikan seseorang semakin menambah keimanannya mengingat segala sesuatu yang dilakukan akan bisa dilihat oleh Allah. Selain itu tidak ada sesuatu hal yang bisa diketahui oleh manusia kecuali dengan membaca Al – Qur’an.