Cara Mudah Supaya Cepat Paham Saat Hafalan Surat Pendek

hafalan surat pendek

Setiap individu yang memeluk agama Islam biasanya ingin hafal surat dalam Al-Qur’an. Dengan begitu ketika menjalankan ibadah sholat wajib maupun sunnah banyak bekal ayat Tuhan. Sehingga kekhusyukan ketika ibadah akan tercapai sempurna. Tidak hanya itu saja, semakin banyak surat yang mampu dihafal maka pahala juga berlipat. Apalagi sampai dapat hafal seluruh surat dalam Al-Qur’an. Pahala dan berbagai kebaikan akan menghampiri individu beserta keluarga. Tanpa terkecuali kedua orang tuanya. Jaminan surga juga dimiliki orang tua.

Manfaat lain muncul ketika seseorang yang mampu menghafal seluruh isi qur’an itu mengajarkan pada lainnya. Berkah dari ilmu yang bermanfaat tersebut akan selalu terbawa sampai seseorang itu tidak lagi hidup di dunia ini. Hal dahsyat diperoleh juga ketika isi dari kitab suci tersebut merasuk dalam hati dan pikiran. Sehingga segala tindakan saat hidup di dunia mencerminkan apa yang tersirat dalam Al-Qur’an. Itulah hebatnya ketika seseorang mampu menghafal dengan sebenarnya-benarnya.

Sebelum hafal keseluruhan isi surat dalam Al-Qur’an. Lebih baik secara perlahan dahulu dilakukan. Ibarat sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Ada suatu cara yang dapat diterapkan saat menghafal qur’an. Sebagai langkah awal, Anda dapat mulai dari hafalan surat dalam Juz Amma. Surat yang ada di sana relatif pendek. Meskipun masih pemula sekalipun, Anda dapat melakukannya. Surat dalam Juz Amma itu bervariasi. Anda dapat memulainya dari ayat paling sedikit jumlahnya.

Ayat Paling Sedikit Dalam Juz Amma Untuk Hafalan Surat Pendek

Ayat Paling Sedikit Dalam Juz Amma

ilustrasi Ayat Paling Sedikit Dalam Juz Amma (photo: pixabay.com)

Juz Amma mempunyai 37 surat dan 1 surat ummul qur’an. Surat yang ada di sana memang jenisnya pendek. Sehingga memudahkan siapa saja dalam melakukan hafalan. Saat mulai melakukannya Anda dapat melakukan dengan beberapa surat. Surat biasanya dipilih mulai dari yang jumlah ayat tidak sampai 20. Itu bisa¬† memudahkan Anda, karena surat dengan jumlah itu lebih dari tiga.

Jadi dapat Anda bayangkan ketika semua surat dengan jumlah ayat sedikit berhasil dihafalkan. Otomatis Anda akan mampu maju lagi ke ayat yang memiliki jumlah banyak dalam Juz Amma. Langkah ini dapat dikatakan perlahan tetapi pasti. Setelah semua surat dalam Juz Amma dikuasai. Maka rasa ingin menghafal di luar juz amma akan tinggi. Meskipun tingkat kesulitan dan jumlah bertambah.

Jenis Surat Dalam Juz Amma Sebagai Tahapan Awal Untuk Hafalan

Jenis Surat Dalam Juz Amma

Jenis Surat Dalam Juz Amma ilustrasi (photo: pixabay.com)

Surat pendek pada juz amma dengan jumlah ayat sedikit. Atau tidak lebih dari 20 ayat itu banyak. Surat itu menjadi tahap awal untuk memulai kegiatan hafalan. Diantara sekian surat, dalam artikel ini dibahas beberapa saja. Surat tersebut sangat mudah dihafal. Bahkan sering dipakai saat sholat dan materi hafalan di sekolah. Apa sajakah itu? Inilah dia suratnya.

Al Fatihah

Surat pendek untuk no 1 ini memang harus dihafalkan. Mau tidak mau memang sudah wajib. Karena surat tersebut adalah Ummul Qur’an atau induk dari segala surat. Bahkan dipakai sebagai surat pembuka dalam setiap melaksanakan ibadah sholat. Nilai yang terkandung didalamnya begitu luhur. Keesaan Tuhan, ajakan untuk selalu bertakwa supaya selamat dunia dan akhirat. Sungguh sebuah makna yang dalam sebagai pedoman dasar manusia ketika hidup.

Al Ashr

Surat pendek no 2 terbilang sangat pendek sekali. Salah satu surat kelompok Makkiyah dan berada di urutan 103 dalam Wl-Qur’an. Jumlah ayatnya sangat istimewa hanya 3 saja. Hal itu tentu saja mudah dilakukan ketika hafalan. Surat tersebut turun setelah Al Insyirah, lalu dinamakan dengan Al Ashr atau masa. Nama tersebut diambil pada ayat pertama dari surat bersangkutan. Meskipun hanya terdiri dari 3 ayat, tetapi maknanya mendalam. Di sana dijelaskan kerugian akan dialami manusia tatkala waktu yang diberikan oleh Allah tidak digunakan untuk hal-hal baik.

Al Insyirah

Surat pendek no 3 juga masuk dalam kelompok Makkiyah, serta urutannya berada di nomor 94 dalam Al Qur’an. Jumlah ayat pada surat ini adalah 8. Surat pendek ini juga dikenal dengan nama Alam Nasyrah. Penamaan itu lagi-lagi diambil dari ayat pertama. Yang mana ayat tersebut mempunyai arti:Bukankah Kami telah melapangkan. Al Insyirah mempunyai kandungan berupa segala macam nikmat yang diberikan untuk junjungan Rasulullah SAW. Allah memberikan perintah kepada beliau agar berbuat banyak amal saleh setiap waktu. Selain itu sikap tawakal juga harus dipakai dalam keseharian. Karena Allah menegaskan bahwa setiap kesusahan ada kemudahan yang menanti.

At Tiin

Bacaan surat pendek no 4 masih kategori surat Makkiyah. Urutan dalam Al Qur’an menempati posisi ke 95. Jumlah ayat terbilang pendek hanya 8. Allah menurunkan surat At Tiin setelah Al Buruuj. Penamaan surat ini diambil dari ayat pertama yang mengandung arti buah tin. Makna dari surat ke 95 ini berbicara tentang kedudukan manusia diantara makhluk ciptaan Allah lainnya. Menurut surat tersebut manusia merupakan makhluk paling mulia. Tetapi keadaan akan berubah, manusia menjadi makhluk paling rendah ketika tidak beriman serta beramal saleh. Allah adalah hakim paling adil.

Keempat surat tersebut mempunyai makna penting untuk kehidupan sehari-hari manusia. Sebagai langkah awal untuk memulai hafalan surat memang tepat. Makna mendalam dari setiap surat akan memotivasi untuk menghafal surat lainnya.