Supaya bisa menyentuh pembaca, lakukan cara ini saat membuat Puisi Tentang Alam

Puisi tentang alam sudah banyak sekali dijumpai di berbagai internet dengan berbagai judul. Ternyata untuk pembuatannya tidak sesulit apa yang dibayangkan, asalkan diri Anda rutin dalam melatih diri untuk belajar terus menerus. Perlu diketahui untuk diri seseorang yang terbiasa mengasah pikirannya dalam membuat sebuah puisi, maka akan lebih mudah dalam menciptakan puisi yang bagus pula.

Berbeda dengan diri seseorang yang malas untuk melatih dirinya, tentu saja tidak bisa menghadirkan puisi yang berkualitas. Ada banyak kategori dan ciri yang menunjukkan bahwa puisi yang dibuat memiliki kualitas yang baik. Semua orang memang bisa membuat sebuah puisi, akan tetapi tidak semua orang bisa menciptakan puisi yang berkualitas dan yang pasti memiliki makna yang tersirat.

Mengapa Harus Membuat Puisi Tentang Alam?

Ada beberapa alasan yang membuat diri Anda harus membuat puisi mengenai keadaan alam, yaitu seperti berikut:

  1. Lebih mudah

Jika dibandingkan dengan beberapa jenis puisi yang lainnya, untuk puisi tentang alam memang dianggap jauh lebih mudah, terutama dalam mencari inspirasi. Cukup dengan mengunjungi di beberapa alam di sekitar maka Anda pun tidak akan kesulitan dalam menemukan ide. Hal ini berbeda dengan jenis puisi lainnya yang memiliki tema lebih sulit dibandingkan dengan alam.

  1. Bisa sambil cuci mata

Saat diri seseorang ingin menemukan inspirasi dalam pembuatan puisi mengenai alam, tentunya dirinya akan pergi ke suatu tempat yang memiliki pemandangan alam. Tujuannya yaitu supaya benar-benar menciptakan puisi tentang kondisi alam yang sesungguhnya. Sambil menghirup udara segar yang ada di alam, maka  diri seseorang akan merasakan kenyamanan pada saat dirinya berada di sekitar alam.

Langkah-Langkah Membuat Puisi

Berikut ini langkah-langkah mudah dalam membuat puisi yang berhubungan dengan alam agar dapat menyentuh para pembacanya yaitu:

  1. Perbanyak referensi

Memperbanyak referensi dari beberapa puisi penulis atau karya orang lain bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi supaya bisa memperdalam dan memperluas wawasan. Selain itu ide atau inspirasi juga bisa ditemukan dari banyaknya referensi yang didapatkan. Untuk itu berbagai jenis resensi perlu Anda baca, misalnya seperti di titikdua.net disana ada banyak referensi.

  1. Perbanyak waktu dengan alam

Apabila Anda sangat tertarik dalam pembuatan puisi yang berhubungan dengan alam, sebaiknya lebih memperbanyak waktu dengan alam. Cukup sederhana yaitu cukup dengan seperti jalan-jalan, camping ataupun hanya sekedar berwisata. Tentu saat Anda bukan hanya sekedar selfie untuk pamer foto di Instagram saja. akan tetapi cobalah menikmati suasana yang ada di alam sekitar. Sebaiknya pilihlah tempat yang belum banyak dikunjungi pengunjung supaya lebih bisa berfokus dalam menikmati suasana alam.

  1. Jangan lupakan kertas

Pada saat sudah berada di alam maka jangan lupa untuk membawa kertas karena harus menuliskan hasil dari pengamatan. Meskipun belum dalam bentuk puisi, setidaknya sudah mendapatkan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan suatu alam. Buatlah coretan-coretan kecil terlebih dahulu yang mana coretan kecil tersebut nantinya bisa dikembangkan agar menciptakan tulisan yang baik.

  1. Melatih imajinasi

Puisi yang bagus tentunya memiliki kandungan citra tertentu. Untuk bisa menemukan citra dan majas dalam puisi tentunya membutuhkan imajinasi yang tinggi. Oleh karena itu sebagai pengarang harus terbiasa dengan penggunaan citra. Terlebih lagi saat membuat puisi tentang alam. Mulai dari sekarang cobalah untuk melatih diri dalam menggali daya imajinasi. Meskipun masih dalam tahap pemula, namun setidaknya semakin sering melatih daya imajinasi maka akan semakin terbiasa pula.

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membayangkan keindahan alam yang pernah dikunjungi. Selain itu Anda juga bisa membayangkan cerita-cerita yang telah berlainan pada saat merenungkan pada setiap pengamatan. Untuk itu gunanya referensi akan sangat membantu pada saat melatih daya imajinasi seseorang, karena memang untuk imajinasi dari setiap orang tentu tidak sama.

  1. Mulailah buat kerangka karangan

Seperti pembuatan cerpen bahwa untuk puisi pun juga perlu dibuat kerangka. Tujuannya yaitu supaya sajak atau bait dari puisi lebih tertata. Untuk puisi yang bagus memiliki sajak a b a b. D\ari kerangka karangan yang sudah dibuat maka bisa dikembangkan berdasarkan pada tema yang dipilih. Dengan begitu Anda pun bisa menambahkan beberapa kalimat yang perlu ditambahkan dan mengurangi beberapa kalimat yang setidaknya tidak dibutuhkan. Kerangka inilah yang bisa dijadikan sebagai pedoman dalam pembuatan puisi.

  1. Padukan simile dan metafora

Simile dan metafora ini sering dijumpai dalam pembuatan bait puisi supaya hasil yang didapatkan lebih puitis. Hal ini dikarenakan untuk kedua majas tersebut menggunakan kata yang lebih konkrit dalam menjelaskan perbandingan abstrak. Dengan hal ini maka ekspresi pada puisi diri seseorang akan lebih sangat terlihat, misalnya seperti marah, bersedih ataupun yang lainnya.

Sementara untuk simile menjadi majas perbandingan yang mana dalam pembuatan puisi ini dapat menggunakan kata bagaikan maupun seperti. Dengan keberadaan kedua hal ini maka menjadikan puisi terdengar lebih enak dibaca dan saat dibacakan pun juga lebih menghayati.

Jika mengikuti beberapa langkah yang ada di atas maka pembuatan puisi dapat berjalan dengan sebaik mungkin dan tentunya tidak akan merepotkan bagi Anda yang diharuskan untuk membuat sebuah puisi. Terlebih lagi puisi mengenai alam yang ada disekitar tentu tidak akan mengalami banyak kesulitan, karena banyaknya referensi yang bisa didapatkan. Untuk lebih memudahkan proses pembuatannya maka ikuti setiap tips yang ada di atas.