Macam-Macam Rumah Adat Sumatera Barat

Berikut ini beberapa daftar rumah adat di Sumatera Barat, rumah rumah tradisional ini masih dilestarikan meski tergerus zaman.Ini dia daftarnya.

1.Gonjong Ampek Baanjuang

Rumah adat ini merupakan rumah adat Padang yang wajib dibangun di kecamatan Luhakunantigo. Rumah adat Ampek Baanjuang merupakan lambang adat istiadat masyarakat. Sesuai dengan namanya yang berarti “ampek” yang berarti 4, bangunan rumah adat ini memiliki 4 buah gojong di bagian atapnya dan 7 ruangan atau lebih. Ciri khasnya, bangunan rumah adat ini memiliki tambahan peron di sisi kiri dan kanan bangunan.

2. Gonjeong Anam

Rumah adat ini merupakan rumah adat di Minan. Bentuk bangunannya mirip dengan Rumah Mahalam Gajagadan, namun rumah adat ini merupakan rumah panggung dengan tambahan pahatan dari Minangkabau. Rumah adat di Gongjong Anam lebih modern dibandingkan dengan rumah adat lainnya di Sumatera Barat. Saranko menggunakan papan sebagai pengganti merajut bambu. Kemudian lebih banyak jendela dibuat agar lebih banyak cahaya yang bisa masuk ke dalam rumah.

3. Gonjong Sibak Baju

Rumah adat di Sumatera Barat ini memiliki bentuk khas yang menyerupai pakaian. Rumah adat ini masih meniru model keluarga Gadangaja Mahalam. Bahan dasar untuk membuatnya adalah kayu dan sasaku.

4. Rumah Gadang Jenis Gajah Maharam

Tipe Rumah Gadang Maharam merupakan salah satu rumah adat di Sumatera Barat dan termasuk dalam rumah mewah. Untuk membangun rumah adat ini, rumah harus menghadap ke utara dan dinding samping timur, barat, dan selatan harus ditutup dengan sasaku. Semua bangunan terbuat dari kayu berkualitas tinggi seperti juar, surian, ruyung. Atapnya terbuat dari seng.

Rumah adat ini terdiri dari empat ruangan dengan ukiran khas Minangkabau, dekorasi pintu kamar. Anda membutuhkan 30 tiang untuk membangun rumah adat ini. Dengan begitu banyak penopang, rumah tradisional tipe Gajamaharam dianggap sebagai bangunan tahan gempa. Selain itu, ada beberapa jenis rumah adat lainnya di Sumatera Barat.