Berbicara dengan Dokter Mata Anda Tentang AMD Basah

Apa yang dapat saya lakukan untuk menangani kehilangan penglihatan saya sekaligus tetap mandiri? Jika Anda mengalami kehilangan penglihatan karena AMD lembab, masih banyak cara untuk tetap mandiri, kata Khurana. National Eye Institute (NEI) menyarankan rehabilitasi penglihatan bagi orang-orang dengan AMD lembab. Anda juga dapat memanfaatkan kelompok pendukung penglihatan rendah serta berbagai profesional lainnya, seperti ahli terapi fisik atau terapis okupasi, yang dapat membantu Anda mengetahui bagaimana menjalani hidup Anda dengan penglihatan yang berkurang, menurut Khurana.

Apakah saya membutuhkan ahli mata? Dokter mata normal Anda dapat menyarankan agar Anda menemui ahli retina jika mereka merasa Anda memerlukan evaluasi atau terapi ekstra khusus untuk AMD lembab, kata AAO. Mereka mungkin juga menyarankan untuk berurusan dengan spesialis penglihatan rendah untuk mempelajari bagaimana menggunakan bantuan yang dibuat untuk membantu Anda memaksimalkan penglihatan Anda serta menjaga kemandirian, menurut AAO.

Apa yang dapat saya lakukan di rumah untuk mencegah AMD lembab atau memperlambat perkembangannya? Dokter mata Anda dapat memberi tahu Anda untuk mencegah merokok, memerinci vitamin yang meningkatkan kesehatan dan kebugaran mata, memeriksa mata Anda di rumah, dan kembali dalam 6 bulan untuk pemeriksaan, kata Khurana. Dia menambahkan bahwa tetap dengan rencana terapi yang disarankan juga dapat membantu Anda hidup lebih baik dengan AMD basah. Meskipun penuaan serta merokok sama-sama meningkatkan ancaman AMD yang lembab, berbagai masalah kesehatan dan kebugaran lainnya – obesitas, diabetes melitus, tekanan darah tinggi – dapat mempersulit kesehatan mata Anda. Jadi, Anda juga perlu bekerja sama dengan profesional medis perawatan medis Anda untuk mengendalikan semua masalah kesehatan lainnya. Pastikan dokter mata Anda tahu tentang kondisi kesehatan lain yang Anda miliki serta obat apa yang Anda minum, catat Khurana.

Sekitar 80 persen orang dengan AMD memiliki kondisi tipe kering, menurut AAO, yang “tidak mempengaruhi penglihatan,” klaim Dr. Khurana.

Jika Anda baru-baru ini didiagnosis dengan kerusakan makula terkait usia (AMD) yang lembab, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan. Untuk mendapatkan solusi yang Anda butuhkan untuk melindungi penglihatan dan juga kebebasan, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menjaga dialog yang terbuka dan berkelanjutan dengan dokter mata Anda. Ini dimulai dengan mengenali kondisinya.

Tanyakan profesional medis Anda masalah healthida.com yang tepat mengenai AMD basah dan Anda juga akan menemukan banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menangani masalah dan mempertahankan penglihatan Anda.

Makula adalah bagian tengah retina, yang menuju ke belakang mata Anda. AMD terbentuk seiring waktu saat makula menjadi lebih tipis, menurut American Academy of Ophthalmology (AAO).

Persisnya bagaimana AMD lembab mempengaruhi penglihatan saya? AMD yang lembab dapat menyebabkan hilangnya penglihatan utama, klaim Khurana. Namun, pada awalnya, Anda dapat melihat bahwa hal-hal penting yang Anda coba pertimbangkan secara langsung tampak kabur, berbayang, atau goyah, menurut AAO.

Dengan AMD lembab, yang jarang terjadi, Anda dapat kehilangan penglihatan Anda dengan sangat cepat, karena kapiler tidak teratur yang dapat menyebabkan perdarahan atau kebocoran cairan di mata, kata AAO. Ini biasanya bermanifestasi sebagai titik buta pada penglihatan pusat, garis lurus atau melengkung, atau penglihatan yang terdistorsi.

Apakah ada penyesuaian rambu yang berarti saya harus dapat ditemukan lebih cepat? Segala jenis modifikasi dalam penglihatan Anda, seperti hilangnya sebagian bidang visual Anda, harus memotivasi panggilan telepon ke dokter mata Anda. Khurana mengklaim Anda mungkin ditawari alat untuk dibawa pulang yang disebut kisi Amsler. Jika garis pada kisi mulai kabur, bergoyang, atau semakin sulit dilihat, Anda mungkin perlu melakukan pemeriksaan mata.

AMD basah dapat berkembang dengan baik sebelum Anda melihat perubahan penglihatan, tetapi dokter mata Anda dapat menemukan perubahan awal selama tes mata, catat Khurana.

“Makula memungkinkan Anda untuk melihat apa yang saya sebut ‘bumbu kehidupan’,” kata Rahul Khurana, MD, seorang profesional retina dan juga dokter di Tim Medis Asosiasi Vitreous The Golden State Northern State di Mountain View serta rekan guru ilmiah oftalmologi di University of California, San Francisco. “Ini adalah lokasi mata yang memberikan penglihatan sentral serta memungkinkan Anda fokus pada hal-hal menakjubkan di planet ini.”

Apa yang Harus Ditanyakan kepada Dokter Mata Anda Tentang AMD Basah

Apakah Anda telah diidentifikasi dengan AMD lembab atau diberi tahu bahwa Anda memiliki indikasi sangat awal, sangat penting untuk berfungsi erat dengan dokter mata Anda. Mulailah percakapan dengan kekhawatiran berikut sehingga Anda dan juga dokter Anda dapat mendiskusikan kondisi dan tuntutan khusus Anda.

Seberapa sering saya harus datang untuk check-up? AAO merekomendasikan penjadwalan tes mata dasar pada usia 40, jika Anda saat ini tidak menemui dokter mata, dan setelah itu mendapatkan pemeriksaan mata rutin setiap tahun atau lebih setelah usia 65. Jika Anda telah terdeteksi dengan AMD lembab atau memiliki indikator yang sangat dini dari itu, Anda mungkin perlu ke dokter Anda seperti biasanya setiap 6 bulan, kata Khurana, tergantung pada keseriusan kondisi Anda, tanda-tanda Anda, dan juga strategi terapi Anda.