Jenis-Jenis Ikan Hias yang Populer Dipelihara di Akuarium

Memelihara ikan di akuarium merupakan pilihan yang tepat untuk memperindah ruangan hunian anda. Biasanya ikan yang dipelihara di akuarium merupakan jenis ikan hias yang memiliki bentuk unik dan warna yang cantik. Dengan memelihara ikan di akuarium maka juga bisa menjadi pelepas stres dan membuat mood menjadi lebih senang.

Berbagai jenis ikan bisa anda pelihara secara mudah di akuarium mulai dari ikan berukuran kecil seperti ikan cupang dan ikan berukuan besar seperti ikan arwana. Tanpa membutuhkan ruangan yang besar anda bisa meletakkan akuarium dan ikan di dalamnya sehingga dapat memberikan kepuasaan tersendiri terutama bagi para penggemar ikan.

Bagi anda yang berencana memelihara ikan di akurium maka berikut akan dijelaskan jenis-jenis ikan yang populer dipelihara di akurium yang bisa menjadi referensi anda.

  1. Ikan Mas Koki
    Ikan jenis ini juga dikenal dengan nama goldfish yang biasa dipelihara di akuarium. Ikan mas koki mempunyai jenis yang beragam setidaknya terdapat 130 macam goldfish yang biasa dibudidayakan di air tawar. Tetapi ikan ini membutuhkan ruang akuarium yang luas agar memperoleh oksigen yang cukup.
  2. Ikan Cupang
    Ikan cupang identik dengan ukurannya yang kecil namun mempunyai sirip aneka warna. Biasanya ikan cupang mempunyai beberapa paduan warna seperti kuning, hitam, merah, biru, putih dan ungu. Selain dipelihara di akuarium, ikan cupang sering dijadikan ikan aduan karena mempunyai gerak tubuh yang agresif dan suka menyerang saat bertarung. Perlu anda ketahui bahwa ikan cupang adalah jenis ikan individualis yang tidak dapat dicampur dengan ikan jenis lain dalam satu akuarium.
  3. Ikan Arwana
    Arwana banyak diminati untuk dipelihara di akuarium karena mempunyai corak sisik yang cantik dan unik. Selain itu ikan arwana mempunyai dua sungut di bagian bawah bibirnya yang berfungsi sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsanya. Ikan arwana juga mempunyai gerakan meliuk-liuk dan sisik yang gemerlap memantulkan cahaya sehingga menjadikan ikan ini tampak elegan.
  4. Ikan Komet
    Jenis ikan ini mempunyai warna tubuh yang bervariasi dan gerakan tubuhnya juga atraktif. Ikan komet termasuk ikan yang ramah sehingga mudah beradaptasi dengan lingkungan dan bisa hidup berdampingan dengan jenis ikan lain dalam satu akuarium.

Demikianlah penjelasan mengenai jenis-jenis ikan hias yang populer dipelihara di akuarium yang bisa menambah wawasan anda. Anda bisa memilih berbagai jenis ikan untuk dipelihara di akuarium tetapi ketahui juga cara pemeliharaan ikan yang tepat agar ikan tetap sehat dan cepat berkembang.